LASAKKANTB_Lombok Utara : Enam warga di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, dinyatakan positif Corona atau Covid-19. Diantarannya 2 orang di Desa Bayan, 2 orang di Desa Anyar, 1 orang di Desa Akar-Akar dan 1 orang di Desa Mumbul Sari. Atas dasar tersebut pihak pemerintah desa setempat mengambil langkah menutup akses ke salah satu dusun di wilayahnya alias local lockdown. (29/4/2020).

Saat di hubungi media global hukum indonesia melalui sambungan telpon Kepala Desa Bayan Satradi mengatakan, mulai hari ini kami tetap stand by diportal dan memperketat penjagaan seperti ada pedagang yang mau masuk kita tidak di ijinkan masuk dan warga kami yang di Dusun Mandala dan Dusun Teres Genit tidak kami berikan untuk keluar rumah, jumlah untuk KK di Dusun Teres Genit sekitar 260 KK dan Dusun Mandala sekitar 170 KK. Dan orang yang sering kontak sama pasein kita sudah data karena hari dan kamis akan diperiksa oleh pihak puskesmas,” terangnya.

[Gambar 359.jpg]

Lebih lanjut Kades Bayan menjelaskan, untuk langkah kedepanya kita akan lihat situasinya dulu dan jika kita untuk melockdown satu Desa kita butuh bahan pokok ini yang masih menjadi bahan pembicaraan kami di Desa, kami akan melakukan diskusi bersama semua kepala desa yang ada di Kecamatan langkah apa atau tindakan apa yang harus kita lakukan karena Kecamatan Bayan sudah termasuk zona merah tetapi warga masih bisa keluar masuk Desa Bayan atau berkumpul-kumpul diluar rumah,” tutup Kepala Desa Bayan.

Media global hukum indonesia mencoba menghubungi Kepala Desa Akar Akar melalui sambungan telpon Akarman mengatakan, kita belum tahu artinya kita hanya tahu inisalnya saja kita tidak berani menebak-nebak siap yang positif terkena virus ini, dan kita belum melakukan langkah-langkah selanjutnya karena kita belum ada informasi yang tepat dari puskesmas dan kita juga masih menunggu arahan dari gugus tugas Kecamatan dan Kabupaten terkait nama lengkap dan dusunnya,” pungkas Kepala Desa Akar Akar.

Di saat bersamaan media global hukum indonesia menghubungi Kepala Puskesmas Senaru H. Husnul menjelesakan, di Kecamatan Bayan ada 6 orang diantaran 2 orang di Desa Bayan, 2 orang di Desa Anyar, 1 orang di Desa Akar-Akar dan 1 orang di Desa Mumbul Sari, sesuai dengan data kontak trekking atau orang yang sudah berhubungan dengan orang yang positif itu dan kami akan melakukan cleaning atau pengecekan kesehatanya, kita akan melakukan pengecekan keluarganya atau orang yang pernah kumpul, ngobrol dan pernah satu rumah dengan pasien positif covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lombok Utara Evi mengatakan melalui sambungan telpon kepada media global hukum indonesia, untuk terkait dengan pasien tentu akan dilakukan pengobatan dan isolasi tersendiri, itu semua dilakukan oleh RSUD rencana lokasi isolasi itu dipisahkan dari karantina tetapi tetap ditempatkan di unit karantina exs RSUD untuk yang positif tetapi dipisahkan dari yang reaktif,” ujar Evi.

Lebih lanjut Evi menjelaskan, dan semua perlatan medis dan sebagainya didukung oleh RSUD Tanjung jika sekiranya tidak memungkinkan akan dipindahkan ke RSUD ditempat yang sekarang positif 3 orang itu, tentu dengan pemisahan-pemisahan sesuai protocol protap tentang penanganan covid-19.

Dan untuk mengenai warga atau keluarga dari pasien tentu akan diambil langkah-langkah yang sama ini yang sedang kami bicarakan, belum bisa di jelaskan karena sedang kami bahas dan akan dirapatkan dulu apakah akan dilakukan lockdown local disatu dusun itu atau tidak.

Saya belum bisa memberikan informasi yang pasti terkait itu karena kami harus diskusikan dulu hari ini nanti setelah itu akan keluar keputusanya seperti apa yang jelas untuk pasien, keluarga pasien dan warga sekitar tentu kita melaksanakan pedoman untuk memutuskankan mata rantai covid-19 ini.

Mengenai kesejahteraan dan perekonomian tentu akan dipikirkan oleh pemerintah tapi bagaimana mekanisme dan sistemnya tidak bisa dijelaskan sekarang karena kita akan bicarakan dulu dengan gugus tugas yang jelas insya allah hari ini

Baca Berita Terkait
Comments ( 0 )
Anda berkomentar sebagai pengunjung, silahkan login atau register